Jumat, 05 Desember 2008

Main memory ( main storage )

Main memory merupakan tempat atau media yang digunakan untuk menyimpan data yang akan atau yang sedang diolah oleh sistem komputer.

Main memory dapat dibagi atas dua bagian, yaitu :

1. ROM (Read Only Memory )

ROM merupakan memory permanen yang terdapat pada sistem komputer yang sudah disusun dan dibuat oleh pabrik, biasanya tidak untuk diubah oleh user komputer.

ROM terdiri dari program pokok untuk konfigurasi sistem komputer seperti BIOS, BASIC, dan BootStrap Loader. Sekarang ini ROM yang dipakai BIOS menggunakan teknology CMOS ( Complementary Mental Oxide Semiconductor ), yang dapat mengubah konfigurasi BIOS bila perlu sehingga pemakai komputer dapat mengubah sistem BIOS. ROM tetap berada didalam komputer pada saat apapun. Sinyal di dalam ROM ini yang mengatur segala tugas CPU saat komputer mulai diaktifkan.

2. RAM (Random Access Memory)

Semua data yang dimasukkan melalui alat input pada setiap aplikasi dimasukkan terlebih dahulu ke dalam main memory ini, yaitu dalam RAM. Data – data yang terdapat dalam RAM ini hanya bersifat sementara. Apabila komputer dimatikan maka data tersebut akan hilang.

Related Posts by Categories



0 komentar:

Posting Komentar