Jumat, 05 Desember 2008

Sumber daya manusia ( brainware )

Aspek brainware merupakan penggolongan manusia sebagai subyek yang menangani sistem komputer. Ada beberapa profesi dalam dunia IT saat ini, di antaranya :

1. CEO ( Chief Excecutive Officer ) orang yang paling bertanggung jawab atas pengembangan sistem & IT pada sebuah perusahaan.

2. Operator : orang yang menangani secara langsung pengolahan data komputer.

3. Programer : orang yang menyusu instruksi/program pada komputer dengan menggunakan bahasa pemrograman tertentu, umumnya PC lokal maupun LAN.

4. System Analyst : orang yang menganalisa/ merangcang bentuk dan mengembangkan sistem serta membangun fasilitas komputer.

5. Network Analyst : orang yang merencanakan / merancang sebuah topology jaringan komputer, baik intranet maupun internet.

6. Administrator System : orang yang menangani fungsi manajerial sistem pada suatu jaringan komputer, melindungi dan memelihara koneksi antar komputer ( terutama server ).

7. Network Security Consultant : orang yang memberikan masukan / saran dan menguji keamanan jaringan komputer secarra profesional.

8. Network Engineer : orang yang membangun dan memelihara jaringan komputer ( LAN, MAN, WAN ).

9. Cabling Installation Technician : teknisi instalasi pengkabelan.

10. echnical Engineer : orang yang mengetahui masalah yang terjadi pada komputer secara teknis, baik itu mengenai hardware maupun software, biasanya disebut Technical Support.

11. Web Designer : orang yang menangani pembuatan tampilan informasi pada media internet.

12. Animator : orang yang membuat tampilan animasi untuk media iklan di televisi, film, dll.

Related Posts by Categories



0 komentar:

Posting Komentar